Tipe Tikus untuk Penelitian

Posted on

Terbukti tikus putih alias mencit ini tak cuma untuk pakan reptil saja. Tikus untuk pakan reptil merupakan tikus putih lazim atau tikus afkiran. Tikus putih juga lazim dipakai untuk penelitian. Banyak mahasiswa STIKES atau mahasiswa Kedokteran dan Farmasi yang memanfaatkan tikus putih sebagai obyek penelitian.

tikus putih

Harga tikus putih untuk penelitian tentu saja jauh lebih tinggi ketimbang tikus untuk pakan. Sebab tikus-tikus untuk penelitian umumnya membutuhkan prasyarat khusus. Umpamanya: keseragaman galur, usia, dan beban tubuh. Metode pemeliharaannya bahkan juga sedikit berbeda, lebih dipandang permasalahan kebersihan dan pakannya.

Permintaan tikus putih untuk penelitian ada spesifikasinya. Tipe tikus yang lazim untuk penelitian kecuali mencit (Mus musculus) merupakan tikus putih besar (Rat) dari spesies Rattus norvegicus. Tapi sekali lagi bukan sembarang Rattus norvegicus yang dipinta untuk penelitian. Galur/strain Rattus norvegicus yang lazim dipinta untuk penelitian dari galur Wistar dan Sprague Dawley (SD). Umunnya penelitian mahasiswa di Indonesia mengaplikasikan galur Wistar.

Kini ini, usaha untuk mengembangbiakkan tikus putih telah mulai marak. Hal ini dikarenakan fungsi tikus putih yang bermacam macam, serta harganya yang kian mahal. Lihat Jasa Anti Rayap Jakarta. Usaha untuk mengembangbiakkan tikus putih dapat lewat perusahaan besar yang bertugas mensuplai keperluan lab sebuah lembaga pengajaran, serta dari usaha perorangan yang memperhatikan bisnis budidaya tikus putih merupakan sebuah bisnis yang menjanjikan.

Langkah pertama dalam budidaya tikus putih merupakan menyiapkan indukan. Indukan yang bagus dan sehat, kemungkinan besar akan menciptakan keturunan yang bagus dan sehat. Untuk membudidayakan tikus putih tak perlu mengaplikasikan daerah khusus. Tikus putih cuma perlu ditempatkan di bak-bak plastik simpel, dengan konsisten melihat peredaran udaranya. Tak ada makanan khusus yang patut disediakan untuk budidaya tikus putih. Tapi ada sebuah pengalaman dari seorang spesialis yang sudah sukses membudidayakan tikus putih selama bertahun-tahun bahwa : taoge yakni makanan yang dapat dikonsumsi oleh tikus putih untuk memperbanyak anakan tikus. Indukan yang dikasih makanan taoge umumnya akan menciptakan anakan yang amat banyak. Rata-rata jangka waktu kehamilan tikus putih merupakan duapuluh hari. Pada masa itu, tikus putih yang sedang hamil patut dipisahkan dari tikus yang lain. Jasa Basmi Rayap. Tujuannya merupakan menghindari terjadinya stress pada tikus yang sedang hamil. Sesudah sebagian hari, indukan tikus akan seketika melahirkan buah hatinya yang berwarna merah.

Untuk tikus muda, sekali melahirkan dapat menciptakan empat ekor anakan, dan untuk tikus dewasa dapat menciptakan sepuluh ekor anakan. Pada masa-masa itu, seorang peternak tikus putih patut senantiasa melihat makanan bagi indukan tikus agar gizinya terpenuhi. Dapat dibayangkan sekiranya seekor tikus untuk sekali melahirkan cakap menciptakan empat hingga dengan sepuluh ekor anakan, serta cuma membutuhkan waktu duapuluh hari untuk masa kehamilannya, usaha budidaya tikus putih akan berkembang dengan amat kencang. Dan dengan pertimbangan keperluan tikus putih yang kian lama kian meningkat, mewujudkan peternak tikus putih kian antusias untuk memaksimalkan usahanya.